Fitria, Fina and Sumarti, Sumarti and Kusrini, Nani (2019) Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi Bahasa Prancis Siswa Kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Pranala, 1 (1).

[img] Archive
17401 - Published Version

Download (22kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pembelajaran menulis teks deskripsi bahasa Prancis pada siswa kelas XI IPS 3 SMA Negeri 9 Bandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif. Sumber data pada penelitian ini ialah kegiatan pembelajaran menulis teks deskripsi bahasa Prancis. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan caraobservasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan guru melakukan tiga tahap kegiatan dalam pembelajaran. Ketiga kegiatan tersebut mencakup (1) perencanaan, yaitu guru membuat RPP sesuai dengan Permendikbud, (2) pelaksanaan, yang melibatkan keaktifan siswa dan guru, (3) penilaian pembelajaran, guru menggunakan teknik tes dengan bentuk soal essai. Pada perencanaan guru telah menyusun RPP dengan lengkap berdasarkan KD dan indikator. Pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan guru meliputikegiatan pendahuluan, inti, dan penutup yang melibatkan kegiatan guru dan siswa sesuai dengan APKG. Untuk penilaian pembelajaran menulis teks deskripsi, guru menggunakan jenis tes tertulis dalam bentuk tes uraian/essai. Kata kunci: menulis, pembelajaran bahasa Prancis, teks deskripsi

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PC Romance languages
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris
Depositing User: NANI KUSRI
Date Deposited: 21 May 2019 02:58
Last Modified: 21 May 2019 02:58
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/13019

Actions (login required)

View Item View Item