Noer, Sri Hastuti and Wijaya, Agung Putra (2019) Efektivitas Model Problem Based Learning Ditinjau dari Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 7 (1). pp. 105-116. ISSN 2338-1183
|
Text
Dwi Permatasari.pdf Download (395kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas model problem based learning ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Bandar Lampung semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 329 siswa yang terdistribusi dalam sebelas kelas. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII G sebanyak 30 siswa dan VIII K sebanyak 30 siswa yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Desain yang digunakan adalah the nonequivalent pretest posttest control group design. Data penelitian diperoleh melalui tes kemampuan komunikasi matematis yang berbentuk uraian pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Mann-Whitney dan uji Tanda Binomial. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model problem based learning tidak efektif ditinjau dari kemampuan komunikasi matematis siswa, akan tetapi kemampuan komunikasi matematis siswa yang mengikuti problem based learning lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kata kunci: komunikasi matematis, konvensional, problem based learning
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | AGUNG PUTR |
Date Deposited: | 14 May 2019 08:12 |
Last Modified: | 14 May 2019 08:12 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12668 |
Actions (login required)
View Item |