Marpaung, Rini Rita and Sikumbang, Darlen Pengaruh Discovery Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Siswa SMP. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. ISSN 2621-5594
|
Text
17162-38668-1-PB.pdf Download (373kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukanpengaruh modelDiscovery learning terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIB dan VIIDyang berjumlah 64 dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data keterampilan metakognisi diperoleh dari angket dan data hasil belajar (aspek kognitif) diperoleh dari pretest dan posttest. Angket dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi baik tahap perencanaan, pemantauan maupun evaluasi pada kelas eksperimen (N-gain=0,59) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (N-gain=0,52).Jadi dapat disimpulkan bahwa Discovery learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognisi tetapi tidak signifikan terhadap hasil belajar siswa.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | DARLEN SIK |
Date Deposited: | 14 May 2019 08:05 |
Last Modified: | 14 May 2019 08:05 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12616 |
Actions (login required)
View Item |