Marpaung, Rini Rita and Sikumbang, Darlen Efektivitas Formasi Tempat Duduk Tipe U dan Chevron terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. ISSN 2621-5594

[img] Text
17042-38305-1-PB.pdf

Download (527kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas formasi tempat duduk U, chevron dan teater terhadap hasil belajar peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIA 1 (eksperimen I, formasi U), XI MIA 2 (eksperimen II, formasi chevron), dan XI MIA 3 (kontrol, formasi teater). Desain penelitian ini adalah pretes-postes non ekuivalen. Pengukuran efektivitas pada aspek kognitif berdasarkan perbedaan N-gain, sedangkan perhitungan aspek afektif dan psikomotorik berdasarkan tafsir indeks prestasi kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain, aspek afektif dan psikomotik kelas eksperimen I lebih tinggi dari pada kelas eksperimen II dan kelas kontrol. Dengan demikian, terdapat perbedaan efektivitas dari ketiga formasi tempat duduk dengan formasi U yang paling efektif daripada formasi chevron dan teater.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: DARLEN SIK
Date Deposited: 14 May 2019 08:04
Last Modified: 14 May 2019 08:04
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item