Marpaung, Rini Rita and Sikumbang, Darlen Efektivitas Formasi Tempat Duduk Tipe U dan Chevron terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. ISSN 2621-5594

[img]
Preview
Text
17042-38305-1-PB.pdf

Download (527kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas formasi tempat duduk U, chevron dan teater terhadap hasil belajar peserta didik. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas XI MIA 1 (eksperimen I, formasi U), XI MIA 2 (eksperimen II, formasi chevron), dan XI MIA 3 (kontrol, formasi teater). Desain penelitian ini adalah pretes-postes non ekuivalen. Pengukuran efektivitas pada aspek kognitif berdasarkan perbedaan N-gain, sedangkan perhitungan aspek afektif dan psikomotorik berdasarkan tafsir indeks prestasi kualitatif. Hasil menunjukkan bahwa nilai rata-rata N-gain, aspek afektif dan psikomotik kelas eksperimen I lebih tinggi dari pada kelas eksperimen II dan kelas kontrol. Dengan demikian, terdapat perbedaan efektivitas dari ketiga formasi tempat duduk dengan formasi U yang paling efektif daripada formasi chevron dan teater.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: DARLEN SIK
Date Deposited: 14 May 2019 08:04
Last Modified: 14 May 2019 08:04
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12609

Actions (login required)

View Item View Item