Sikumbang, Darlen and Marpaung, Rini Rita Pengaruh Discovery Learning Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Peserta Didik SMP Negeri 14 Bandar Lampung. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah. ISSN 2621-5594

[img] Text
16952-38080-1-PB.pdf

Download (495kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menentukan pengaruh Discovery Learning terhadap keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan nonequivalent pretest-posttest control group design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas VIIB dan VIIC yang berjumlah 60 dan dipilih dengan teknik cluster random sampling. Data keterampilan metakognisi diperoleh mengunakan angket dan data hasil belajar (aspek kognitif) menggunakan nilai pretest dan posttest. Angket keterampilan metakognisi dianalisis secara deskriptif sedangkan hasil belajar dianalisis dengan uji Independent Sample t-Test pada taraf kepercayaan 5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan metakognisi baik tahap perencanaan, pemantauan maupun evaluasi pada kelas ekperimen lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Hasil belajar kognitif kelas ekperimen berbeda signifikan dengan kelas kontrol. Rata-rata N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,66 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,36. Jadi dapat disimpulkan bahwa Discovery Learning berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan metakognisi dan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Biologi
Depositing User: DARLEN SIK
Date Deposited: 14 May 2019 08:04
Last Modified: 14 May 2019 08:04
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12606

Actions (login required)

View Item View Item