Diawati, Chansyanah and Setyarini, M. Pembelajaran Berbasis Masalah Erosi Email Gigi untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran dan Keterampilan Proses Sains. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img] Text
16085-36077-1-PB.pdf

Download (644kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan penalaran dan keterampilan proses sains siswa melalui pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA di salah satu SMA di Bandarlampung semester genap TP. 2017-2018. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas XI MIA 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 9 sebagai kelas kontrol. Peningkatan kemampuan penalaran dan keterampilan proses sains siswa ditentukan dari n-gain kemampuan penalaran dan keterampilan proses sains siswa yang diuji secara statistik dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis masalah erosi email gigi mampu meningkatkan kemampuan penalaran dan keterampilan proses sains siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: M SETYARIN
Date Deposited: 14 May 2019 07:58
Last Modified: 14 May 2019 07:58
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12544

Actions (login required)

View Item View Item