Puspita, Farras Cahya and sari, merry indah and oktaria, dwita (2018) Hubungan Stres Terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa Tingkat Pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Majority, 7 (3). pp. 24-33. ISSN 2337-3776

[img]
Preview
Text
Faras.pdf

Download (330kB) | Preview
Official URL: http://juke.kedokteran.unila.ac.id/index.php/major...

Abstract

Stres merupakan suatu keadaan yang sering dijumpai dalam kehidupan perkuliahan, khususnya pada mahasiswa tingkat pertama. Stres mampu mempengaruhi minat belajar mahasiswa. Minat belajar merupakan alat untuk memicu motivasi belajar bagi mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara stres terhadap motivasi belajar mahasiswa tingkat pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional. Sebanyak 240 responden diminta untuk mengisi dua buah kuesioner yaitu medical Student Stressor Questionnaire (MSSQ) dan Motivated Strategies for Learning Questionnaire (MSLQ) yang dimodifikasi. Berdasarkan hasil analisis univariat tingkat stres yang paling banyak dialami oleh responden yaitu stres sedang (37,7%) dengan penyebab stres sangat berat terbanyak yaitu stres akademik (11%). Sebagian besar responden memiliki motivasi yang tinggi (62,3%). Berdasarkan analisis bivariat dengan uji chi square didapatkan hubungan bermakna antara stres terhadap motivasi belajar dengan nilai P=0,19 (P<0,05). Tingkat stres yang paling banyak dialami oleh responden yaitu stres sedang dengan penyebab stres sangat berat terbanyak yaitu stres akademik. Sebagian besar responden memiliki tingkat motivasi yang tinggi. Terdapat hubungan bermakna antara stres dengan motivasi belajar mahasiswa tingkat pertama Fakultas Kedokteran Universitas Lampung

Item Type: Article
Subjects: R Medicine > RZ Other systems of medicine
Divisions: Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter
Depositing User: DWITA OKTA
Date Deposited: 14 May 2019 07:56
Last Modified: 14 May 2019 07:56
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12526

Actions (login required)

View Item View Item