Amatullah, Salma Faizah and Distrik, I Wayan and Wahyudi, Ismu (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUKAN BUKU SISWA BERBASIS PENDEKATAN TERPADU STEM TERHADAP HASIL BELAJAR. Jurnal Pendidikan Fisika, VII (1). pp. 15-27. ISSN 2337-5973

[img] Text
artikel 5.pdf

Download (409kB)
Official URL: http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika

Abstract

Pembelajaran monoton dapat mematikan daya berpikir kreatif siswa, karena siswa mengalami kebosanan dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantukan buku siswa berbasis pendekatan terpadu STEM terhadap hasil belajar siswa dan mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantukan buku siswa berbasis pendekatan terpadu STEM. Populasi pada penelitian ini seluruh siswa kelas XSMAIT Miftahul Jannah, dan sampel yang dipilih dengan teknik purposive sampling siswa kelas X1sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X2 sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan pretest posttest control group design terhadap dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada penelitian ini, kedua kelas dibandingkan sesuai dengan hasil belajarnya lalu dilakukan uji perbedaan kedua kelompok siswa menggunakan Independent Sample T-test. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perbedaan hasil belajar pada siswa dikelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ratarata N gain berturut-turut, yaitu 0,62 dan 0,30 dan hasil uji independent sample t test thitung > ttabel yaitu 5,485 > 2,069 pada taraf kepercayaan 95%, ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan terhadap pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing berbantukan buku siswa berbasis pendekatan terpadu STEM terhadap hasil belajar. Kata Kunci: Buku Siswa, Hasil Belajar, Inkuiri Terbimbing, STEM.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: ISMU WAHYU
Date Deposited: 14 May 2019 02:03
Last Modified: 14 May 2019 02:03
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12483

Actions (login required)

View Item View Item