safitri, Ayu and Suyanto, Eko and Wahyudi, Ismu (2019) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS CTL PADA MATERI FLUIDA DINAMIS SMA KELAS XI. Jurnal Pendidikan Fisika (JPF), VII (1). pp. 81-92. ISSN p-ISSN: 2337-5973 e-ISSN: 2442-4838

[img]
Preview
Text
artikel 1.pdf

Download (304kB) | Preview
Official URL: http://ojs.fkip.ummetro.ac.id/index.php/fisika

Abstract

Model pembelajaran CTL merupakan model pembelajaran yang menekankan kerjasama peserta didik dalam kelompok. Peserta didik diberikan tugas di dalam kelompoknya, sehingga setiap peserta didik memiliki tanggungjawab untuk menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru. Bertanggungjawab dan bekerjasama merupakan salah satu sikap sosial yang dapat melatih aspek afektif peserta didik. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan lembar kerja peserta didik berbasis CTL pada materi fluida dinamis yang dapat digunakan oleh peserta didik jenjang pendidikan SMA kelas XI tervalidasi. Penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui kemenarikan, kemudahan, dan kemanfaatan produk yang dikembangkan. Penelitian pengembangan mengacu pada desain penelitian dan pengembangan (R & D) menurut Sugiyono, dengan prosedur pengembangan yang terdiri dari analisis kebutuhan, pengumpulan informasi, desain produk, validasi produk, revisi produk, dan uji coba produk. Produk akhir yang dihasilkan kemudian diberikan skor oleh ahli materi dan ahli desain yang telah dikonversi dalam pernyataan kualitatif. Uji ahli meteri dan uji ahli desain memperoleh kriteria sangat baik. Produk akhir juga memperoleh skor dari responden, dengan pernyataan kualitatif untuk uji kemenarikan adalah sangat menarik, uji kemudahan dengan kriteria sangat mudah, dan uji kemanfaatan dengan kriteria sangat bermanfaat. Kata Kunci: CTL, Fluida Dinamis, Lembar Kerja Peserta Didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: ISMU WAHYU
Date Deposited: 14 May 2019 02:04
Last Modified: 14 May 2019 02:04
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12445

Actions (login required)

View Item View Item