Rudibyani, Ratu Betta and Efkar, Tasviri Efektivitas Model PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Lancar Pada Materi Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
16105-36080-1-PB.pdf

Download (878kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model Problem based learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir lancar pada materi larutan penyangga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA kelas XI IPA yang ada di Bandar Lampung pada semester genap tahun ajaran 2017/2018. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah clauster random sampling dan diperoleh sampel kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 4 sebagai kelas kontrol. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan Pretest Posttest Control Group Design. Pengaruh model problem based learning diukur berdasarkan rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas eksperimen rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir lancar siswa sebesar 0,78 (kriteria tinggi). Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa model problem based learning mampu meningkatkan kemampuan berfikir lancar siswa pada materi larutan penyangga.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: RATU BETTA . .
Date Deposited: 10 May 2019 02:34
Last Modified: 10 May 2019 02:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12409

Actions (login required)

View Item View Item