Rudibyani, Ratu Betta and Efkar, Tasviri Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Elaborasi dan Penguasaan Konsep Asam Basa Arrhenius. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img] Text
15471-34683-1-PB.pdf

Download (612kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas discovery learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep asam basa Arrhenius. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretest – posttest non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 13 Bandar Lampung. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling diperoleh kelas XI IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Keefektifan ditentukan berdasarkan uji-t terhadap n-Gain dan didukung dengan kemampuan guru serta uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep pada kelas eksperimen berkriteria tinggi, kemampuan guru yang sangat tinggi, dan ukuran pengaruh yang besar. Kesimpulan penelitian ini yaitu discovery learning efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang besar untuk meningkatkan keterampilan berpikir elaborasi dan penguasaan konsep asam basa Arrhenius.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: RATU BETTA . .
Date Deposited: 10 May 2019 02:34
Last Modified: 10 May 2019 02:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12404

Actions (login required)

View Item View Item