Rudibyani, Ratu Betta and Efkar, Tasviri Efektivitas Problem Solving untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Penguasaan Konsep Materi Elektrolit/Non Elektrolit. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
15499-34800-1-PB.pdf

Download (574kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan pembelajaran problem solving dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit. Penelitian ini telah dilakukan di salah satu MAN Pringsewu menggunakan metode kuasi eksperimen dengan Non Equivalent (Pretest-posttest) control group design. Sampel diperoleh melalui teknik purposive sampling diperoleh sampel yaitu kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 4 sebagai kelas kontrol. Keefektivan dibuktikan dari peningkatan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa yang menggunakan uji-t serta didukung oleh kemampuan guru dan uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata aktivitas siswa sangat tinggi, kemampuan guru selama pembelajaran tinggi, motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa tinggi serta ukuran pengaruh yang besar. Berdasarkan hal tersebut, model problem solving efektif dan memiliki ukuran pengaruh yang besar dalam meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: RATU BETTA . .
Date Deposited: 10 May 2019 02:34
Last Modified: 10 May 2019 02:34
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12400

Actions (login required)

View Item View Item