Rudibyani, Ratu Betta and Efkar, Tasviri Efektivitas PBL Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Orisinil Pada Larutan Penyangga. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
16100-36079-1-PB.pdf Download (300kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan kemampuan berpikir orisinil siswa pada materi larutan penyangga. Metode yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan pretest – posttest non equivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di kabupaten Lampung Tengah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA. Keefektifan ditentukan berdasarkan uji-t terhadap n-Gain dan didukung dengan kemampuan guru serta uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukan bahwa rata-rata nilai n-Gain keterampilan berpikir orisinil pada kelas eksperimen berkriteria sedang, kemampuan guru yang sangat tinggi, dan ukuran pengaruh yang sedang. Kesimpulan penelitian ini yaitu problem based learning efektif dan mempunyai ukuran pengaruh yang sedang untuk meningkatkan kemampuanan berpikir orisinil pada larutan penyangga.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | RATU BETTA . . |
Date Deposited: | 10 May 2019 02:34 |
Last Modified: | 10 May 2019 02:34 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12399 |
Actions (login required)
View Item |