Nurweni, Ari and Mahpul, Mahpul and Munifatullah, Feni and Suka, Ramlan Ginting (2018) Pelatihan Penilaian Autentik dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Bagi Guru Bahasa Inggris SMP Kota Bandarlampung. In: Seminar Nasional Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, Rabu, 14 November 2018, Hotel Bukit Randu Bandar Lampung.

[img] Text (Abstrak—Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu 1) meningkatkan pengetahuan tentang penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan 2) meningkatkan kemampuan dalam membuat instrumen penilaian autentik dan rubriknya dalam pembelajaran)
PROSIDING PKM 2019 LP2M.pdf - Accepted Version

Download (19MB)
Official URL: http://semnaspkm.lppm@unila.ac.id

Abstract

Abstrak—Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yaitu 1) meningkatkan pengetahuan tentang penilaian autentik dalam pembelajaran Bahasa Inggris, dan 2) meningkatkan kemampuan dalam membuat instrumen penilaian autentik dan rubriknya dalam pembelajaran Bahasa Inggris guru Bahasa Inggris SMP.Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian berupa pelatihan penilaian autentik Bahasa Inggris, yang materinya meliputi: 1) Kriteria tes yang baik; 2) Penilaian autentik dan jenis-jenisnya, 3) Rubrik penilaian, 4) Praktek membuat alat ukur penilaian autentik dan rubrik penilaiannya dalam pembelajaran Bahasa Inggris secara kelompok dan individu, dan 5) pemberian feedback. Evaluasi kegiatan pengabdian ini dilakukan melalui pretes dan postes. Hasil pengabdian kepada masyarakat menunjukkan pada awal pelatihan pengetahuan peserta masih tergolong sangat rendah. Rata-rata hasil pretes peserta sebesar 21,74. Setelah peserta mengikuti pelatihan nilai pengetahuan peserta meningkat rata-rata menjadi 43,19. Hasil postes secara rata-rata menunjukkan peningkatan lebih dari 100% akan tetapi nilai rata-rata tersebut masih tergolong belum memuaskan. Kata kunci — Bahasa Inggris , Penilaian autentik, SMP Abstract —The objectives of this community service are 1) to increase the knowledge on authentic assessment, and 2) to improve the ability in producing instruments of authentic assessment and rubrics in English learning of junior high school English teachers.The method applied in the community service activities is in the form of authentic English assessment training in which materials of 1) criteria of a good test; 2) suthentic assessment and types, 3) assessment rubrics, 4) practice making authentic assessment instruments and assessment rubrics in English learning in group and individually, and 5) giving feedback. Evaluation of the community service activities was carried out through a written pretest and posttest given to the participants.The results of community service showed that at the beginning the training of the participants' knowledge of authentic assessment was still very low. The average participant's pretest score was 21.74. After the participants took part in the training the value of participants' knowledge increased on average to 43.19. The post-test results on average show an increase of more than 100% but the average score is still unsatisfactory. Keywords— English, authentic assessment, junior high school

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Bahasa Inggris
Depositing User: Dr. Ari Nurweni, M.A.
Date Deposited: 10 May 2019 02:33
Last Modified: 10 May 2019 02:33
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12375

Actions (login required)

View Item View Item