Sofia, Ari and Anggraini, Gian Fitria (2018) INTERAKSI SOSIAL ANTARA GURU DAN ANAK DALAM PENGEMBANGAN BERBICARA ANAK USIA DINI. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1 (1). pp. 7-18. ISSN 2622-9765

[img]
Preview
Text
Jurnal pendidikan anak usia dini vol 1 no 1 tahun 2018 hal 7-18.pdf

Download (237kB) | Preview
Official URL: http://journal2.um.ac.id/index.php/jpaud

Abstract

Interaksi sosial merupakan pondasi awal bagi anak untuk belajar mengenal lingkungan di sekitarnya. Begitu pun dalam perkembangan bahasa maupun bicara, anak membutuhkan role model yang tepat untuk menguasai dan mengembangkan kemampuannya. Sering kali guru tidak berupaya untuk melakukan penggalian terhadap potensi bicara anak, sehingga kesulitan yang dihadapi hanya dianggap sebagai kelemahan dan menutup potensi yang ada. Melalui metode kuantitatif-korelasional, penelitian ini berupaya untuk mengkaji hubungan serta kontribusi dari interaksi sosial antara guru dan anak dalam pengembangan kemampuan bahasa (oral language) usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa interaksi yang dilakukan oleh guru pada anak secara mendalam, memiliki hubungan yang signifikan terhadap kemampuan berbicara anak usia dini. Meskipun memiliki kontribusi yang belum cukup memadai, namun hal ini menandakan perlunya suatu upaya untuk meningkatan kualitas serta kuantitas interaksi yang dilakukan guru pada anak usia dini.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan PG-PAUD
Depositing User: ARI SOFIA
Date Deposited: 09 May 2019 02:47
Last Modified: 09 May 2019 02:47
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12076

Actions (login required)

View Item View Item