Wijaya, Agung Putra and Suana, Wayan and Tania, Lisa and Widyastuti, Widyastuti (2018) Pendampingan Penerapan Discovery Learning Sebagai Tuntutan Kurikulum 2013 untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. In: Seminar Nasional Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2018, Rabu, 14 November 2018, Hotel Bukit Randu Bandar Lampung.

[img]
Preview
Text
Agung Putra Wijaya_PROSIDING_PKM_2018-71-79 (1).pdf - Published Version

Download (619kB) | Preview
Official URL: http://lppm.unila.ac.id/semnaspkm2018/

Abstract

Tujuan pendampingan ini meningkatkan pemahaman guru dalam merancang dan menerapkan discovery learning sesuai tuntutan Kurikulum 2013 untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kritis peserta didik. Pendampingan ini dilakukan terhadap guru kelas I dan kelas IV SD Negeri 2 Sukarame Bandar Lampung. Pendampingan ini menerapkan strategi kontekstual dengan metode praktik terbimbing yang diawali dengan penyusunan RPP dan LKS dan dilanjutkan dengan mengimplementasikannya di dalam kelas. Evaluasi yang dilakukan berupa pretest dan posttest. Perhitungan peningkatan pemahaman guru terhadap Kurikulum 2013 dan model discovery learning antara sebelum dan setelah pendampingan dihitung menggunakan rumus gain ternormalisasi. Hasil analisis menunjukkan bahwa (1) pemahaman awal guru masih “rendah”, dengan rata-rata sebesar 40,00 dari skor ideal 100,00 dengan disparitas yang cukup besar sekitar 7,07 dan (2) pemahaman akhir guru sangat baik. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah guru yang mempunyai pemahaman yang sangat baik, yaitu sekitar 40% guru memperoleh peningkatan pemahaman yang tergolong tinggi dan 60% guru memperoleh peningkatan pemahaman yang tergolong sedang. Kata kunci — discovery learning, kemampuan berpikir kritis, kurikulum 2013

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Matematika
Depositing User: AGUNG PUTR
Date Deposited: 09 May 2019 03:10
Last Modified: 09 May 2019 03:10
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/12010

Actions (login required)

View Item View Item