Wulandari, Sari Retno and Suana, Wayan (2016) Perbandingan Penguasaan Konsep Siswa Menggunakan Modul Interaktif LCDS dengan Modul Cetakan. In: Seminar Nasional Pendidikan, 28 Mei 2016, Bandar Lampung.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Artikel pada Seminar Nasional Pendidikan 2016.pdf

Download (185kB)

Abstract

Modul merupakan jenis media pembelajaran yang dapat digunakan untuk pembelajaran mandiri. Seiring dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi, kini modul tampil tidak hanya dalam bentuk cetakan, tetapi juga berupa modul interaktif berbasis komputer. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan rata-rata penguasaan konsep siswa antara penggunaan modul interaktif LCDS dengan modul cetakan pada materi pokok Listrik Statis mata pelajaran fisika Sekolah Menengah Atas. Penelitian ini menggunakan dua kelas di SMA Paramarta 1 Lampung Tengah, yaitu kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen 1 dan XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen 2. Desain penelitian ini menggunakan The Static Group Comparison. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney. Berdasarkan analisis data diketahui bahwa terdapat perbedaan penguasaan konsep siswa antara yang menggunakan modul interaktif LCDS dan modul cetakan. Rata-rata penguasaan konsep siswa yang menggunakan modul interaktif LCDS lebih tinggi dibandingkan modul cetakan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Fisika
Depositing User: Wayan Suana
Date Deposited: 17 Nov 2016 03:51
Last Modified: 17 Nov 2016 03:51
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/1196

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item