Jimad, Habibullah and Roslina, Roslina and Bursan, Rinaldi and M.Rusdi, Zainnur (2018) Pemberdayaan Perempuan Dalam Rang Meningkatkan Ekonomi Keluarga: Pengenalan Usaha Rajutan Di Kelurahan Enggal, Kecamatan Enggal, Kota Bandar Lampung. In: Seminar Nasional dan Call For Paper 2018 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung, 15 November 2018, Hotel Horison.

[img] Text
22.Pemberdayaan-Perempuan-Dalam-Rangka-Meningkatkan-Ekonomi-Keluarga-Pengenalan-Usaha-Rajutan-Di-Kelurahan-Enggal-Kecamatan-EnggalRoslina.pdf

Download (448kB)
Official URL: http://feb.unila.ac.id/id/semnasfeb/

Abstract

Pemberdayaan perempuan dapat memperbaiki posisi tawar perempuan untuk meningkatkan kekuatan dan untuk merubah sendiri nasibnya. Masih banyaknya perempuan yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga membuat sebagian perempuan yang ada di Kelurahan Enggal, Kecamatan Enggal, Bandar Lampung kurang mampu memaksimalkan potensi dirinya. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk menambah pengetahuan perempuan tentang pentingnya pemberdayaan perempuan dalam rangka meningkatkan kualitas dan memaksimalkan potensi perempuan melalui kegiatan rajutan yang dapat dikerjakan di waktu senggang. Diharapkan hasil yang diperoleh nantinya dapat dipasarkan dan menambah pemasukan bagi keluarga. Kegiatan dilakukan dengan format pelatihan dengan memberikan materi untuk menambah pengetahuan peserta pelatihan serta mengenalkan usaha rajutan melalui pelatihan merajut. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Kelurahan Enggal, Kecamatan Enggal, Bandar Lampung telah mampu mencapai hasil yang diinginkan yaitu meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang pentingnya menambah pendapatan keluarga melalui kegiatan pemberdayaan perempuan. Selain itu, kegiatan pengenalan usaha rajutan juga menunjukkan hasil yang mengembirakan, yaitu semakin banyaknya perempuan yang bias merajut dan adanya perubahan perilaku perempuan di Kelurahan Enggal untuk mengisi waktu luang dengan merajut, sehingga dihasilkan beberapa produk dari kegiatan pelatihan yang telah dilakukan. Peserta juga menginginkan adanya tindak lanjut dari kegiatan yang dilakukan, dengan menambah pengetahuan variasi produk yang dihasilkan, pemberian merek serta pemasaran produk rajutan yang telah dibuat. Kata kunci: Pemberdayaan perempuan, ekonomi keluarga, usaha rajutan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Prodi Manajemen
Depositing User: HABIBULLAH . JIMAD
Date Deposited: 09 May 2019 03:08
Last Modified: 09 May 2019 03:08
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11897

Actions (login required)

View Item View Item