Riadi, B. (2016) KEMAMPUAN MEMBACA KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK SQ3R MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. AKSARA, 16 (2). pp. 137-144. ISSN 1411-20150

[img]
Preview
Text
Kemampuan Membaca Kritis dengan Menggunakan Teknik SQ3R Mahasiswa Prodi Pend. Bahasa dan Sastra Indonesia; Bambang Riadi; AKSARA ISSN 1411-2051.pdf

Download (947kB) | Preview
Official URL: http://pbs.fkip.unila.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan membaca kritis baik sebelum dan sesudah digunakannya teknik SQ3R dan mendeskripsikan perbedaan kemampuan membaca kritis antara sebelum dan sesudah digunakannya teknik SQ3R. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester ganjil Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 42 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca kritis sebelum diterapkan SQ3R sebesar 63,2 dengan kategori cukup. Setelah diterpakan teknik SQ3R nilai rata-rata naik menjadi 80,6 dengan kategori baik. Berdasarkan hasil perhitungan data menunjukkan bahwa t_hitung lebih besar daripada t_tabel (12.831 > 2,019) dan nilai Sig (2-tailed) lebih kecil dari 0,025 (0,000 < 0,025. Hasil uji-t tersebut menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan yang bearti bahwa teknik SQ3R mampu meningkatkan kemampuan membaca kritis. Kata kunci: membaca, membaca kritis, teknik SQ3R,

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah
Depositing User: Bambang Riadi
Date Deposited: 17 Nov 2016 03:49
Last Modified: 17 Nov 2016 03:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/1182

Actions (login required)

View Item View Item