Kadaritna, Nina and Tania, Lisa Efektivitas Model Pembelajaran ADI dalam Meningkatkan Penguasaan Konsep Siswa berdasarkan Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
16222-36302-1-PB.pdf

Download (824kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI dalam meningkatkan penguasaan konsep pada materi zat aditif dan adiktif ditinjau dari kemampuan akademik. Penelitian ini menggunakan metode Quasi Eksperiment dengan Pretest-Posttest Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VIII di salah satu SMP di Bandarlampung. Sampel ditentukan menggunakan teknik purposive sampling dan diperoleh kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan VIII Bsebagai kelas kontrol.Instrumen yang digunakan adalah LKS berbasis model pembelajaran ADI, soal pretes dan postes.Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji ankova dan uji-t.Hasil penelitian menunjukkan rata-rata n-Gain penguasaan konsep siswa menggunakan model ADI lebih tinggi daripada siswa menggunakan pembelajaran konvensional baik kemampuan akademik tinggi maupun akademik rendah. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran ADI efektif dalam meningkatkan penguasaan konsep siswa baik siswa kemampuan akademik tinggi maupun siswa kemampuan akademik rendah.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: NINA KADAR
Date Deposited: 08 May 2019 07:24
Last Modified: 08 May 2019 07:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11785

Actions (login required)

View Item View Item