Kadaritna, Nina and Tania, Lisa Efektivitas Model ADI terhadap Penguasaan Konsep Materi Zat Aditif dan Adiktif Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
15885-35626-1-PB.pdf

Download (714kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI terhadap penguasaan konsep siswa pada materi zat aditif dan adiktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan pretest postest non equivalent control group design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.3 sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 sebagai kelas kontrol di SMP Global Madani Bandar Lampung yang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji Ankova dan uji perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian efektivitas model pembelajaran ADI,ditunjukkan oleh perbedaan rata-rata n-Gain penguasaan konsep siswa kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada kelas kontrol,baik secara umum maupun dari gender. Kesimpulan penelitian ini adalah pembelajaran dengan model ADI efektif meningkatkan penguasaan konsep materi zat aditif dan adiktif ditinjau berdasarkan gender siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: NINA KADAR
Date Deposited: 08 May 2019 07:24
Last Modified: 08 May 2019 07:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11783

Actions (login required)

View Item View Item