Kadaritna, Nina and Tania, Lisa Efektivitas Model ADI Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Materi Zat Aditif-Adiktif Ditinjau dari Gender. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
15914-35681-1-PB.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model pembelajaran ADI (Argument Driven Inquiry)pada materi zat aditif dan adiktif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan non equivalent pretest and posttest control group design. Sampel penelitian ini adalah kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen dan VIII.4 sebagai kelas kontrol di SMP Global Madani Bandar Lampung dengan teknik purposive sampling. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah uji ankova dan perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa n-Gain keterampilan berpikir kritis siswa laki-laki dan perempuan kelas eksperimen secara signifikan lebih tinggi daripada n-Gain siswa laki-laki dan perempuan kelas kontrol dengan nilai sig (2-tailed)sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut disimpulkan bahwa model pembelajaran ADI pada materi zat aditif dan adiktif efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa ditinjau dari gender.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Kimia
Depositing User: NINA KADAR
Date Deposited: 08 May 2019 07:24
Last Modified: 08 May 2019 07:24
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11780

Actions (login required)

View Item View Item