Rosilawati, Ila and Fadiawati, Noor Deskripsi Sikap Ilmiah dan Peningkatan KPSMateri Larutan Elektrolit-Non Elektrolit Menggunakan Discovery Learning. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img] Text
15929-35735-1-PB.pdf

Download (621kB)

Abstract

Penelitianini bertujuan untuk mendeskripsikan sikap ilmiah danpeningkatan keterampilan proses sains(KPS)pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan model discovery learning. Desain penelitian ini adalah the matching only pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMANegeri diBandarlampung Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 104 siswa. Sampel penelitian ini adalah kelas X IPA 1 dan X IPA 3 yang diambil dengan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua rata-rata yang menggunakan statistik parametrik dengan uji-t dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa,pembelajaran dengan model discovery learningefektif dalam meningkatkan keterampilan proses sains siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit;serta persentase siswa yang termasuk ke dalam kategori sikap tinggi pada aspek sikap ingin tahu, teliti, kerja sama, dan tanggung jawab mengalami peningkatan di setiap pertemuannya pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit menggunakan model discovery learning.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: ILA ROSILA
Date Deposited: 02 May 2019 01:49
Last Modified: 02 May 2019 01:49
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11394

Actions (login required)

View Item View Item