Rosilawati, Ila and Fadiawati, Noor Efektivitas Discovery Learning Materi Elektrolit-Non Elektrolitdalam Meningkatkan KPS Ditinjau dari Kemampuan Akademik. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772
|
Text
15952-35761-1-PB.pdf Download (647kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learningdalam meningkatkan KPS siswa pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit ditinjau dari kemampuan akademik siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi experimentdengan desain faktorial 2 x2.Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA3 sebagai kelas eksperimen dan kelas X IPA 1 sebagai kelas kontrolyang diperoleh melalui teknik purposive sampling. Data penelitian dianalisis menggunakan uji two ways ANOVAdan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: tidak terdapat interaksi antara penggunaan model discovery learningdengan kemampuan akademik terhadap KPS siswa; model discovery learning efektif untuk meningkatkan KPS siswapada materi larutan elektrolit dan non elektrolit; pada penggunaan model discovery learning, persentase siswa kemampuan akademik tinggi dengan kategori n-gaintinggi lebih besar daripada siswa akademik sedang dan rendah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | ILA ROSILA |
Date Deposited: | 02 May 2019 01:49 |
Last Modified: | 02 May 2019 01:49 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11392 |
Actions (login required)
View Item |