Rosilawati, Ila and Fadiawati, Noor Efektivitas Discovery Learningdalam Meningkatkan KPS Materi Elektrolit dan Non Elektrolit Ditinjau Jenis Kelamin. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
15921-35706-1-PB.pdf

Download (685kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas model discovery learning dalam meningkatkan keterampilan proses sains (KPS) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolitditinjau dari jenis kelamin. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain faktorial 2x2. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X IPA SMA NegeriBandarlampung Tahun Pelajaran 2017/2018. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 1sebagai kelas kontrolyang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Analisis statistik menggunakan ANOVA dua jalur dan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada interaksi antara penggunaan model discovery learning dengan jenis kelamin terhadap KPS siswa, model discovery learningefektif untuk meningkatkan KPS,persentase siswa laki-laki yang memiliki kategori n-gaintinggi lebih tinggidaripada persentase siswa perempuan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: ILA ROSILA
Date Deposited: 29 Apr 2019 07:54
Last Modified: 29 Apr 2019 07:54
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11390

Actions (login required)

View Item View Item