Emmawaty Sofia, ES and Tasviri Efkar, TE Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep Termokimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
17394-39243-1-PB.pdf

Download (860kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimentdengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah siswakelas XI IPA salah satu SMAdi Bandar Lampung. Penentuansampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 5 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 7 sebagai kelas kontrol. Pengaruh metode eksperimen ditunjukan dengan n-Gain rata-rata keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep termokimia, serta didukung uji ukuran pengaruh, dengan n-Gainpadakelas ekperimen lebih tinggi daripada n-Gainsiswa di kelas kontrol. Hasil perhitungan uji pengaruh menunjukan bahwa nilai uji pengaruh pada kelas eksperimen sebesar 0,92 yang termasuk dalam kategori “besar”. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahawametode eksperimen berpengaruh besar dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) > Prodi Kimia
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:17
Last Modified: 29 Apr 2019 08:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11272

Actions (login required)

View Item View Item