Emmawaty Sofia, ES and Tasviri Efkar, TE Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Peningkatan Kemampuan Mengkomunikasikan dan Penguasaan Konsep Termokimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
17404-39358-1-PB.pdf

Download (565kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh metode eksperimen dalam meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep termokimia. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimentdengan desain pretest-posttest non equivalent control group. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPAdi Bandar Lampung. Penentuan sampel menggunakan cluster random sampling, diperoleh kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Pengaruh metode eksperimen dibuktikan dengan besarnya nilai n-Gain, serta didukung uji ukuran pengaruh. Hasil penelitian menunjukan nilai siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan metode eksperimen meningkat, juga sesuai dengan perhitungan yang menunjukan bahwa nilai n-Gainkelas ekperimen lebih tinggi daripada nilai siswa di kelas kontrol. Hasil perhitungan menunjukan bahwa hasil uji pengaruh kelas eksperimen sebesar 0,85 yang termasuk kategori “besar”. Berdasarkan hasil tersebut, metode eksperimen berpengaruh dalam meningkatkan kemampuan mengkomunikasikan dan penguasaan konsep siswa pada materi termokimia.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:17
Last Modified: 29 Apr 2019 08:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11271

Actions (login required)

View Item View Item