Emmawaty Sofia, ES and Tasviri Efkar, TE Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Observasi dan Penguasaan Konsep Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
17335-39081-1-PB.pdf

Download (779kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan efektivitas discovery learning untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia. Penelitian ini telah dilakukan di salah satu SMA di Bandar Lampung tahun ajaran 2018/2019 menggunakan metode kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Sampel dipilih melalui teknik purposive sampling dari 3 kelas populasi dan dipilih sampel yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan XI MIA 3 sebagai kelas kontrol. Efektivitas discovery learning dalam penelitian ini ditunjukkan dengan adanya perbedaan n-gain yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasil penelitian diperoleh model discovery learning yang digunakan efektif dan memiliki pengaruh yang besar untuk meningkatkan kemampuan observasi dan penguasaan konsep kesetimbangan kimia.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Pendidikan Kimia
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:17
Last Modified: 29 Apr 2019 08:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11270

Actions (login required)

View Item View Item