Emmawaty Sofia, ES Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Inferensi dan Penguasaan Konsep Kesetimbangan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Kimia. ISSN ISSN: 2302-1772

[img]
Preview
Text
17259-38997-1-PB.pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

Efektivitas Discovery Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Inferensi dan Penguasaan Konsep Kesetimbangan Kimia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas model discovery learning untuk meningkatkan kemampuan inferensi dan penguasaan konsep materi kesetimbangan kimia. Metode penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan pretest-posttest control grup design. Penelitian ini dilakukan di salah satu SMA di Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang dalam penelitian ini populasinya ialah seluruh siswa kelas XI MIA SMA. Sampel pada penelitian ini adalah kelas XI MIA 3 dan XI MIA 2 Tahun Ajaran 2018-2019. Efektivitas model discovery learning ditunjukkan oleh adanya perbedaan rata-rata nilai n-Gain yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Ukuran pengaruh dihitung dengan menggunakan uji effect size. Hasilnya diperoleh ukuran pengaruh yang besar. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa model discovery learning pada materi kesetimbangan kimia efektif dalam meningkatkan kemampuan inferensi dan penguasaan konsep.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: EMMAWATY S
Date Deposited: 29 Apr 2019 08:17
Last Modified: 29 Apr 2019 08:17
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11268

Actions (login required)

View Item View Item