Daud, Rosy Febriani and Aprilani, Deddy (2017) KAMPANYE PUBLIC RELATIONS PARTAI NASIONAL DEMOKRAT (NASDEM) MELALUI SOSIALISASI PROGRAM KAMPUNG ENTERPRENEUR CREATIVE (KECE) UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN EKONOMI (Studi Pada Calon Gubernur Lampung Mustafa). In: Seminar Nasional FISIP Universitas Lampung, 18 Oktober 2017, Hotel Swiss Bell , Bandar Lampung.
|
Text
Kampanye Public Relations Partai Nasional demokrat (Nasdem) Melalui sosialisasi program Kampung Entrepreneur Creative (KECE) untuk meningkatkan Kesejahteraan Ekonomi.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kampanye public relations (PR) partai Nasional Demokrat (Nasdem) dalam memperkenalkan citra calon gubernur Lampung, yaitu Mustafa yang memiliki program Kampung Enterprenur Creative (KECE) di Lampung dan untuk melihat strategi kampanye public relations (PR) partai Nasional Demokrat (Nasdem) melalui sosialisasi Kampung Enterprenur Creative untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi. Alasan pemilihan tema ini dikarenakan program Kampung Enterprenur Creative (KECE) ini yang menjadi program unggulan sehingga diperlukan startegi-strategi untuk mengkampanyekan dan mensosialisasikannya. Model kampanye yang digunakan adalah The Five Functional Stages Development Model atau Model perkembangan lima tahap. Fokus model ini adalah pada tahapan kegiatan kampanye, bukan pada proses pertukaran pesan antara campaigner dan campaignee. Pada model ini digambarkan bagaimana tahapan kegiatan kampanye harus dilalui sebelum akhirnya kegiatan tersebut berhasil atau gagal mencapai tujuan. Tahapan kegiatan tersebut meliputi: identifikasi, legitimasi, partisipasi, penetrasi, dan distribusi. Konsep yang digunakan ialah kampanye public relations, sosialisasi, dan kesejahteraan ekonomi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yang bersifat studi kasus. Paradigma yang dipakai ialah paradigma postpositivisme. Subyek penelitian ialah Badan Pemenangan Pemilu Partai Nasional Demokrat (Nasdem) dan obyek penelitian ialah kampanye public relations mensosialisasikan program Kampung Enterpreneur Creative (KECE). Teknis analisis data adalah dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan data sekunder dari studi kepustakaan dan sumber bacaan lainnya. Hasil penelitian ialah Partai Nasional Demokrat (Nasdem) menggunakan strategi kampanye public relations dengan menggunakan media cetak (surat kabar, majalah maupun tabloid), media elektronik (televise dan radio), media baru yaitu internet dan media sosial lainnya seperti, Facebook, Blog, Twitter dan sejenisnya dan dengan opinion leader yakni Calon Gubernur Lampung Mustafa. Calon Gubernur Lampung Mustafa dalam mensosialisasikan program Kampung Enterpreneur Creative (KECE) menekankan pada kesejahteraan masyarakat yang terpusat pada entrepreneur-entreprenur yang nantinya mampu menciptakan lapangan pekerjaan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah strategi kampanye public relations sangat mendukung dalam mensosialisasikan program Kampung Enterpreneur Creative (KECE) di setiap Kecamatan yang berada di Kabupaten seluruh Provinsi Lampung guna meningkatkan kesejahteraan ekonomi dan menekan angka pengangguran pada pemuda di Provinsi Lampung
Item Type: | Conference or Workshop Item (Paper) |
---|---|
Subjects: | H Social Sciences > HE Transportation and Communications |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Komunikasi |
Depositing User: | DEDDY APRILANI |
Date Deposited: | 02 May 2019 04:18 |
Last Modified: | 02 May 2019 04:18 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11146 |
Actions (login required)
View Item |