Utomo, tanto Pratondo and Jordan, Adam and Herdiana, Novita and Satyajaya, Wisnu (2019) Analisis Kualitas Pelayanan dan Strategi Pengembangan Wisata Edukasi Sentulfresh Indonesia. Operations Excellence, 11 (1). pp. 1-11. ISSN 2085429

[img] Text
5143-10371-1-PB.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://publikasi.mercubuana.ac.id/index.php/oe/

Abstract

Wisata edukasi Sentulfresh Indonesia tidak lepas dari dampak persaingan bisnis yang ketat, sehingga perlu upaya untuk meningkatkan mutu pelayanan secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat pelayanan wisata edukasi terhadap pengunjung dan merumuskan strategi pengembangan untuk meningkatkan kepuasan dari pengunjung. Penelitian bersifat deskriptif, dengan data kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dengan wawancara mendalam terhadap subyek penelitian, dan data kuantitatif diperoleh dari kuesioner strategi pengembangan dan tingkat pelayanan yang dianalisis dengan Servqual. Dari data yang diperoleh, dilakukan analisis lingkungan internal dan eksternal yang dilanjutkan dengan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT digunakan sebagai dasar perumusan strategi, yang dilanjutkan dengan uji QSPM untuk menyusun prioritas strategi terpilih sebagai strategi pengembangan wisata edukasi Sentulfresh Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan wisata edukasi Sentulfresh Indonesia belum memenuhi kebutuhan dan keinginan pengunjung. Berdasarkan analisis SWOT menunjukan nilai IFE adalah 2,743 dan nilai EFE adalah 2,430. Strategi alternatif yang menjadi prioritas berdasarkan hasil uji QSPM adalah merealisasikan pengembangan fasilitas pada lahan tersisa disertai dengan perbaikan dan pembenahan pada fasilitas yang sudah ada (TAS = 6,620).

Item Type: Article
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Teknologi Industri Pertanian
Depositing User: Mr. TANTO PRATONDO UTOMO
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:39
Last Modified: 09 Apr 2019 03:39
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/11011

Actions (login required)

View Item View Item