Hidayatullah, Riyan and Riadi, Bambang and Eka Putrawan, G. and Maydiantoro, Albet Pelatihan Learning Management System (LMS) Berbasis Web Bagi Guru Seni Se-Provinsi Lampung. In: Prosiding Seminar Nasional Hasil-Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat 2018: Berkarya dan Berinovasi untuk Bangsa Berbasis Pembangunan yang Berkelanjutan. LEMBAGA PENELITIAN DAN PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT UNIVERSITAS LAMPUNG. ISBN 9780-602-0860-27-5
|
Text
PROSIDING SEMNAS PKM.pdf Download (15MB) | Preview |
Abstract
Saat ini teknologi bertransformasi menjadi kebutuhan yang sangat vital. Setiap kegiatan memerlukan teknologi sebagai medianya, tidak terkecuali dalam pembelajaran seni. Kemajuan ini tidak diimbangi dengan kemampuan guru-guru seni dalam mengoperasikan produk teknologi seperti perangkat keras, dan perangkat lunak. Di sisi lain, cara siswa belajar sudah mengalami perubahan. Siswa sangat dekat dengan smartphone (telefon pintar) dan social media (jejaring sosial). Perubahan gaya hidup ini harus diterapkan pula dalam pembelajaran agar siswa mendapatkan kenyamanan dalam belajar. Metode dan media konvensional tetap digunakan dan dikombinasikan menggunakan aplikasi. Siswa tidak harus mencatat setiap materi dan tugas yang diberikan, tetapi mengakses melalui internet. Kegiatan berbasis daring (online) ini harus ditunjang oleh sebuah sistem yang dinamakan learning management system (LMS). Media ini dapat digunakan di luar kelas dan waktu yang fleksibel di luar jam sekolah. Metode pelatihan menggunakan perangkat lunak khusus yang ditulis dalam sistem dan data berbasis web. Guru-guru seni dapat dengan mudah menerima materi yang disampaikan dalam pelatihan karena sebagian besar berusia 23-40 tahun. Mereka cukup dekat dengan teknologi berbasis smatphone dan aplikasi berbasis web. Dalam LMS terdapat open educational resources (OER) yang dapat diakses secara terbuka. OER merupakan sumber pembelajaran terbuka yang memperkaya referensi mereka dalam mengajar seni. Uji pra dan pasca statistik lebih lanjut terungkap dalam memahami informasi dasar mengenai LMS dan e-learning 65,6% menjadi 74,2%.
Item Type: | Book Section |
---|---|
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works |
Divisions: | Laporan Pengabdian LPPM |
Depositing User: | Bambang Riadi |
Date Deposited: | 08 Apr 2019 02:39 |
Last Modified: | 08 Apr 2019 02:39 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10871 |
Actions (login required)
View Item |