Sayekti, Wuryaningsih Dwi and Adawiyah, Rabiatul (2013) PENGARUH KINERJA FASILITATOR TERHADAP KONSUMSI PANGAN RUMAH TANGGA PADA PROGRAM DESA MANDIRI PANGAN DI PROVINSI LAMPUNG. PROSIDING B (SIMPOSIUM PENELITIAN TERKINI PANGAN DAN GIZI).

[img] Text
Pengaruh kinerja fasilitator terhadap konsumsi pangan rumah tangga pada program desa mandiri pangan di Provinsi Lampung.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kinerja fasilitator baik secara langsung maupun tidak langsung terhadap konsumsi pangan rumah tangga terkait dengan pemanfaatan pekarangan. Penelitian dilaksanakan dengan menggunakan metode survai pada desa Program DMP (Desa Mandiri Pangan) yang telah mencapai tahap mandiri dan kemandirian. Dari seluruh desa yang sudah memiliki status mandiri dan kemandirian pada 6 kabupaten, diambil 10 desa secara purposif Dari setiap desa diambil subjek rumah tangga anggota kelompok afinitas sejumlah antara 10-15 rumah cangga sehingga diperoleh 123 rumah tangga. Konsumsi pangan dinilai dari keragaman, frekuensi, dan kecukupannya menurut persepsi subjek sedangkan kinena pendamping diukur dari hasil kerja, sikap, dan karakteristik pribadL Analisis jalur (Path Analysis digunakan dalam menganalisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengaruh langsung kinerja fasilitator terbadap konsumsi pangan rumah tangga sebesar 29.7 persen lebih besar daripada pengaruh tidak langsung melalui variabel pengusahaan lahan pekarangan dan pelatihan budidaya yaitu 0.654 persen.

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Agribisnis
Depositing User: WURYANINGSIH DWI SAYEKTI
Date Deposited: 08 Feb 2019 02:05
Last Modified: 08 Feb 2019 02:05
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10708

Actions (login required)

View Item View Item