Nufus, Hayatun and Undang Rosidin, UR and kartini herlina, kh and Hasnunidah, Neni (2018) INFLUENCE OF IMPLEMENTATION ARGUMENT-DRIVEN INQUIRY MODEL TO JUNIOR HIGH SCHOOL STUDENTS’ CRITICAL THINKING SKILLS BASED ON DIFFERENCE OF ACADEMIC ABILITY. Jurnal Pendidikan Fisika, 7 (2). pp. 110-117. ISSN 2301-7651

[img] Text
11007-25699-1-PB.PDF - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (317kB)
Official URL: http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf.

Abstract

Abstrak. Keterampilan berpikir kritis merupakan keterampilan yang fundamental pada pembelajaran abad ke-21. Berdasarkan penelitian pendahuluan di 25 SMP di Bandar Lampung, dikatakan bahwa pembelajaran fisika di sekolah belum maksimal dalam melatihkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry (ADI) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan perbedaan kemampuan akademik, yaitu kemampuan akademik tinggi dan rendah. Penelitian ini menggunakan Quasi Experiment dengan metode Pretest Posttest Non Equivalen Control Group Design. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan pretest dan posttest soal essai yang mengacu pada 5 kriteria berpikir kritis Ennis (2011). Data dianalisis dengan menggunakan Independent Sample T-Test untuk mengetahui ada atau tidaknya perbedaan setelah penerapan model Argument-Driven Inquiry. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Argument Driven Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berakademik tinggi yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,021 (2) terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Argument-Driven Inquiry terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berakademik rendah yang ditunjukkan dengan nilai sig. sebesar 0,003 pada taraf kepercayaan 95%. Artinya, model penerapan Argument-Driven Inquiry berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kritis siswa berkemampuan akademik tinggi dan rendah

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: NENI HASNU
Date Deposited: 29 Jan 2019 04:46
Last Modified: 29 Jan 2019 04:46
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10635

Actions (login required)

View Item View Item