Yulianti, Dwi (2018) Laporan Pengabdian, makalah seminar nasional hasil pengabdian, laporan keuangan dan sertifikat seminar nasional hasil pengabdian. Proseding hasil pengabdian LPPM Unila.
|
Text
Dwi Y_FKIP_Lap Akh pngbd 18 F BLU 2KB.pdf Download (2MB) | Preview |
|
|
Text
L keuangn Pengabd 18 BLU DY F.pdf Download (5MB) | Preview |
|
|
Text
Makalah Pengabd 18 Dwi F.pdf Download (294kB) | Preview |
|
|
Text
Sertf Pengabd 18 LPPM.pdf Download (449kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK Pelatihan Peningkatkan Kompetensi Guru Merancang dan Membelajarkan Siswa Kelas Rendah berbasis Kurikulum 2013 Dwi Yulianti Herpratiwi Budi Koestoro Riswandi Pengabdian ini bertujuan 1) meningkatkan peran dan tanggung jawab dosen FKIP Unila dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, melalui upaya meningkatkan kompetensi guru pada aspek merancang, melaksanakan dan mengembangkan perangkat pembelajaran. Ketiga aspek kompetensi tersebut dirinci dalam sub-sub aspek kompetensi sebagai berikut, a) memetakan dan membuat jaringan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran dari berbagai bidang studi, b) merancang rencana pembelajaran berbasis tema, b) melaksanakan pembelajaran berbasis tema, dan c) mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan tema yang dirancang. 2) Membangun kerjasama FKIP dengan SD di propinsi Lampung. Target khusus yang ingin dicapai adalah meningkatkan kompetensi guru pada 1) memetakan dan membuat jaringan kompetensi dasar dan indikator pembelajaran dari berbagai bidang studi, 2) merancang rencana pembelajaran berbasis tema, 3) melaksanakan pembelajaran berbasis tema, dan 4) mengembangkan perangkat pembelajaran sesuai dengan tema yang dirancang. Untuk mencapai target khusus pengabdian dilakukan kegiatan pengabdian dengan metode siklus pengabdian. Kegiatan pengabdian dengan siklus pengabdian terdiri dari 1) menyusun rencana kegiatan, 2) melakukan tindakan pengabdian guna mencapai target pengabdian, 3) observasi terhadap tindakan yang dilakukan dan 4) refleksi terhadap tindakan yang dilakukan guna perbaikan tindakan siklus pengabdian berikutnya. Tindakan pengabdian dilakukan dengan kegiatan 1) penyajian materi, 2) penyajian contoh dan 3) bimbingan. Siklus pengabdian direncanakan dilakukan sebanyak 2 siklus. Sasaran kegiatan adalah guru SD kelas rendah di Kabupaten Pesawaran tahun 2018. Hasil pengabdian menunjukkan ada peningkatan sebesar 1) 40% guru mampu merancang RPP dengan pemetaan indikator pada kategori baik, 2) 40% guru mampu merancang RPP dengan strategi pembelajaran yang sesuai untuk mencapai tujuan pembelajaran, 3) 40% guru mampu merancang tahapan pembelajaran dengan strategi pembelajaran inkuri untuk mencapai indikator pembelajara, 4) 10% guru mampu memilih media pembelajaran yang sesuai untuk membelajarkan siswa dengan strategi pembelajaran yang tepat. Kata kunci: kompetensi guru, guru SD.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) > Prodi Magister Teknologi Pendidikan |
Depositing User: | DWI YULIAN |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 07:55 |
Last Modified: | 02 Jan 2019 07:55 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10345 |
Actions (login required)
View Item |