Oktafany, OF and Tania Matalauta, Sitepu and Carolia, Novita (2018) Profil Alumni Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi: Sebuah Tracer Study. MAJORITY, 7 (2). pp. 155-163. ISSN 2337 - 3776
|
Text
Jurnal profil alumni Okta.pdf Download (701kB) | Preview |
Abstract
Tracer Study merupakan salah satu bentuk studi yang dapat memberi informasi berharga untuk mengevaluasi hasil pendidikan suatu institusi. Tracer Study dapat menyediakan data struktural tentang pekerjaan dan karir, pengalaman alumni, serta peningkatan kualitas program studi, terutama melalui perbaikan kurikulum.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan gambaran profil alumni Fakultas Kedokteran Universitas Lampung dengan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan metode total sampling. Responden minimal yang diharapkan 20% dari total. Istrumen penelitian berupa kuesioner. General Graduate Questionaire yang diperkenalkan oleh Muhimbili University of Helath And Allied Sciences (MUHAS) di Tanzania yang dimodifikasi. Pada penelitian hampir seluruh responden memiliki pendidikan terakhir S1. Sebanyak 43 (41,35%) responden telah bekerja dengan tipe instansi pekerjaan dominan adalah sektor swasta (48,84%) dan sebagai dokter umum (62.79%). Penghasilan per bulan dominan berkisar 5-10 juta. Waktu tunggu lulusan untuk memperoleh pekerjaan paling banyak dalam rentang 1-3 bulan. Nilai rata-rata total pada penilaian retropektif FK Unila tergolong baik. Sebagian besar posisi dan jabatan responden yang telah bekerja adalah dokter umum. Waktu yang diperlukan untuk memperoleh pekerjaan serta penghasilan per bulan tergolong baik. Penilaian retrospektif oleh alumni FK Unila tergolong baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Fakultas Kedokteran (FK) > Prodi Pendidikan Dokter |
Depositing User: | dr Oktafany |
Date Deposited: | 19 Nov 2018 04:01 |
Last Modified: | 19 Nov 2018 04:01 |
URI: | http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10270 |
Actions (login required)
View Item |