dewi ayu hidayati, DAH and yuni ratnasari, YR and Benjamin, Benjamin and I gde Sidemen, IGS and Asnani, Asnani (2018) STRATEGI PEMBERDAYAAN PENGRAJIN TENUN TAPIS BANDAR LAMPUNG DI ERA KONVERGENSI. IICIS. (In Press)

[img] Text
JURNAL PROSIDING.docx

Download (31kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang strategi pemberdayaan pengrajin tenun tapis di era konvergensi, Strategi Pengrajin Tapis dalam Meningkatkan Produksi, dan cara memasarkan produksi di era konvergensi. Pengembangan ekonomi kreatif saat ini menjadi peluang untuk daerah meningkatkan perekonomian sekala kecil dan menengah. Salah satu jenis ekonomi kreatif yang sedang berkembang pesat adalah tenun kain tapis. Kain tapis yang merupakan kain adat Lampung, dahulu hanya merupakan kain yang digunakan pada hari perayaan tradisonal saja. Namun sekarang dengan pesatnya kemajuan fashion, maka kain tapis menjadi salah satu kain adat maupun aplikasi pada fashion. Bahkan kain Tapis tidak hanya digunakan pada pakaian namun juga pelengkap aksesosris seperti tas dan sepatu yang bernilai tinggi. Kemauan ini tentunya memberikan keberuntungan bagi para pengrajin tapis ketika permintaan banyak maka otomatis pendapatan meningkat dan usaha berkembang. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang dipergunakan adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan snowball sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif dengan model deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa strategi pemberdayaan pengrajin tapis di era konvergensi yaitu pihak Dekranasda sebagai wadah bagi para pengrajin memberikan pelatihan keterampilan, pelatihan manajemen bisnis dan pelatihan pemasaran online kepada para pengrajin tapis. Selain itu strategi yang dilakukan pengrajin tapis dalam meningkatkan produksi yaitu membuat tapis terapan, pemberian motif baru pada tapis dan menggunakan benang yang mengikuti perkembangan zaman. Dari produksi yang dihasilkan, para pengrajin melakukan upaya pemasaran dengan menggunakan digital yaitu dengan menggunakan fitur-fitur bisnis online atau jualan online Kata kunci: Strategi Pemebrdayaan Masyarakat, Pengrajin kain Tapis, Konvergensi

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) > Prodi Sosiologi
Depositing User: DEWI AYU H
Date Deposited: 17 Nov 2018 07:35
Last Modified: 17 Nov 2018 07:35
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10233

Actions (login required)

View Item View Item