Ibnu, Muhammad and Prayitno, Rio Tedy DAMPAK EKONOMI SERTIFIKASI 4C: ANALISIS PROPENSITY SCORE MATCHING PETANI KOPI ROBUSTA LAMPUNG BARAT DAN TANGGAMUS. Jurnal Agro Ekonomi. (Submitted)

[img] Text
Manusript Draft Final_Dampak Ekonomi Standar dan Sertifikasi Berkelanjutan (submitted).pdf

Download (363kB)

Abstract

Studi tentang dampak atau pengaruh standar dan sertifikasi berkelanjutan (sustainability standards and certification) di sektor kopi telah banyak dilakukan, terutama di negara-negara di kawasan Latin Amerika dan Afrika. Namun, temuan-temuan studi tersebut belum mencapai suatu kesimpulan yang bulat mengenai dampak standar dan sertifikasi. Hasil-hasil penelitian bahkan tampak kontradiktif, subyektif dan berdebat antara dampak positif sertifikasi, dampak yang tidak signifikan, dan bahkan dampak negatif sertifikasi bagi penghidupan (livelihood) para petani kopi. Jarang sekali penelitian yang mengevaluasi dampak sertifikasi di Indonesia dengan metode kuantitatif yang kredibel untuk meminimalkan bias evaluasi. Tulisan ini bertujuan untuk berkontribusi terhadap literatur di bidang standar dan sertifikasi berkelanjutan dengan mengevaluasi dampak ekonomi skema sertifikasi Common Code of Coffee Community (4C). Untuk mencapai tujuan tersebut, petani kopi bersertifikasi 4C dan petani konvensional (non-sertifikasi) di Kabupaten Lampung Barat dan Tanggamus disurvey secara acak (random). Secara total, jumlah responden yang diambil sebanyak 400 orang, dan data yang diperoleh dianalisis dengan teknik Propensity Score Matching (PSM) untuk meminimalkan bias seleksi sekaligus mengevaluasi secara akurat dampak bersih (net effects) sertifikasi 4C terhadap pendapatan petani. Berdasarkan hasil analisis PSM, dampak ekonomi 4C ditemukan tidak signifikan, yaitu tidak secara nyata meningkatkan hasil pendapatan petani dari penjualan kopi mereka. Walaupun manfaat ekonomi tidak signifikan, berdasarkan analisis statistik T-test, 4C terlihat memiliki potensi dampak yang positif dalam meningkatkan fungsi organisasi petani. Oleh karena itu, penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengeksplorasi dampak standar dan sertifikasi (selain dampak ekonomi) di Indonesia, misalnya dampak sosial dan dampak lingkungan. Penelitian selanjutnya dapat pula difokuskan untuk mengevaluasi dan membandingkan dampak skema standar dan sertifikasi yang lain seperti Fair Trade (FT), UTZ, dan Rainforest Alliance (RA).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Standar dan Sertifikasi Berkelanjutan, petani kopi, sektor kopi Indonesia, evaluasi dampak, Propensity Score Matching (PSM)
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Divisions: Fakultas Pertanian (FP) > Prodi Agribisnis
Depositing User: Dr. Muhammad Ibnu
Date Deposited: 16 Nov 2018 17:21
Last Modified: 16 Nov 2018 17:21
URI: http://repository.lppm.unila.ac.id/id/eprint/10182

Actions (login required)

View Item View Item