PELATIHAN ANALISIS DATA PENELITIAN BAGI GURU SDN 2 SEGALAMIDER BANDAR LAMPUNGDENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI SPSS
DOI:
https://doi.org/10.23960/buguh.v3n3.2285Keywords:
Analisis data , SPSS, Guru, SDN 2 SegalamiderAbstract
Guru sebagai sumberdaya manusia dalam dunia pendidikan dituntut untuk melakukan pengembangan diri. Guru tidak saja dituntut menguasai materi ajaran atau mampu menyajikan secara tepat, tetapi juga dituntut mampu melakukan pengembangan pengajaran di dalam kelas melalui penelitian. Jenis penelitian yang dapat dilakukan oleh guru cukup banyak di antaranya adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Sebagian besar guru, baik guru SD/MI, SMP/MTs, dan SMA/MA menyatakan bahwa pada analisis data inilah bagian yang tersulit dalam PTK. Hal ini tidaklah 100% benar, karena sebenarnya pada bagian inilah hal yang sangat mengasyikkan. Orang akan bisa karena terbiasa, orang akan tidak bisa karena belum terbiasa. Kata-kata itu nampaknya benar, artinya guru merasa tidak bisa melakukan analisis data dalam PTK karena memang belum terbiasa. Untuk membiasakan guru-guru dalam menganalisis data penelitiannya diperlukan aplikasi program statistika. Salah satu aplikasi program statistika adalah SPSS. Dengan analisis data menggunakan aplikasi SPSS sangat membantu guru untuk meningkatkan kualitas penelitiannya. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dirasakan perlu untuk membantu guru-guru dalam teknik analisis data dengan SPSS untuk meningkatkan kemampuan menelitinya. Secara umum penyelenggaraan kegiatan pelatihan Analisis Data Menggunakan Aplikasi SPSS di SDN 2 Segalamider Bandar Lampung memperoleh sambutan yang sangat antusias. Oleh karena itu hasil kegiatan pelatihan ini memberi hasil yang “SANGAT BAIK” . Ini ditandai oleh peningkatan hasil yang memuaskan dilihat dari hasil ujian akhir (pstest) peserta pelatihan yang mengalami peningkatan 85 % dari kondisi awal.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 BUGUH: JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.