ANALISIS IMPLEMENTASI MANAJEMEN PENDIDIKAN DI PONDOK PESANTREN SE KABUPATEN TANGGAMUS
Main Article Content
Abstract
Implementasi manajemen pendidikan merupakan salah satu bagian integral dari proses pendidikan yang bertujuan untuk menumbuh kembangkan kualitas pendidikan dan pondok pesantren harus berperan sehingga mutu pendidikanpun dapat terwujud dengan sempurna, sementara masih banyak pondok peantren di kabupaten Tanggamus yang belum mengimplementasikan manajemen dengan baik sehingga berimbas pada mutu pesantren itu sendiri dan belum menjadi sorotan pemerintah setempat, dibukti kan dari data pra survei bahwa kabupaten Tangamus memiliki sarana dari 20 PAUD/TK, 434 SD/MI, 58 SMP/MTs, 17 SMA/MA, 5 SMK/MK hingga Perguruan Tinggi dan terdapat 30 pondok pesantren yang terdaftar di Kemenag Kabupaten Tanggamus (Kemenag, 2018). Dengan demikian terdapat 534 sekolah dan hanya 30 pondok pesantren yang diantaranya, ada yang juga bersinergi dengan sekolah dan ada yang hanya pesantren saja.
Berdasarkan fakta ini dan menjawab berbagai permasalahan yang ada di pesantren, yaitu diperlukan implementasi manajemen pendidikan. dan peneliti berusaha mengeksplorasi manajemen pendidikan melalui penelitian pada pondok pesantren di Kabupaten Tanggamus. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang Implementasi manajemen pendidikan di Pondok Pesantren Se kabupaten Tanggamus. Serta diharapkan dapat: 1) Menghasilkan informasi terkait dengan pelaksanaan manajemen pendidikan di pondok pesantren se Kabupaten Tanggamus. 2) Untuk memberikan pengetahuan mengenai manajerial yang baik bagi pondok pesantren se kabupaten Tanggamus.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.
References
Depdikbud, 1992. Manajemen Pembinaan Pendidikan, Jakarta, Biro perencanaan.
Departemen agama RI, Tarjamah Qur’anul Karim, Bandung, PT Syamil Cipta Media.
Depdikbud, 1993, Manajemen Pembinaan Pendidikan, Jakarta, Biro perencanaan.
Djam’an Satori dan Aan Komariah,2010, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung, CV. Alfabet.
Eti Rochhaety. 2008. Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, Jakarta, PT Bumi Aksara.
Fattah Nanang, 2010, Landasan Manajemen Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya
Husaini Usman. 2009. Manajemen ( Teori, Praktik, dan Riset Pendidikan ), Jakarta, Bumi Aksara.
Jawahir tanthowi, 1983.Unsur-unsur Manajemen Menurut Ajaran Al-Qur’an, Jakarta, Pustaka al Husna.
Juhri, 2006. Perspektif manajemen pendidikan, Lampung, PT. Panji Grafika.
Majid Agus, 2008, Implemtasi Manajemen Hubungan Pesantren Dengan Masyarakat Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Pondok Pesantren Modern Al-Rifa’Ie Gondonglegi Malang, Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/4225
Mulyasa, E, 2002, Kurikulum Berbasis Kompetensi, Konsep, Karakteristik, dan Implementasi, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya
Nahwa Malik, 2017, Implementasi Manajemen Inovasi Kepala Madrasah Diniyah Formal Di Pondok Pesantren Al Fithrah Kedinding Surabaya, Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya, http://digilib.uinsby.ac.id
Sulipan, Manajemen Sekolah, http://www. Manajemen Pendidkan. Net (13 Januari 2010)
Suryosubroto, 2006. Manajemen Pendidikan Di Sekolah , Jakarta, PT. Rineka Cipta
Soebagio Atmodiwiro , 2005. Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta, Adadizya Jaya.