KREATIVITAS SEBAGAI LANDASAN DAN OPERASIONALISASI DALAM PENDIDIKAN MUSIK

  • Riyan Hidayatullah Universitas Lampung
Keywords: berpikir kritis; kreativitas; pendidikan musik

Abstract

Musik merupakan realitas yang terbangun oleh kemampuan berpikir kreatif sehingga menghasilkan karya-karya yang estetis. Dalam konteks pendidikan musik, kegiatan yang dilandasi aktivitas kreatif dan ekspresif juga menjadi aspek yang sangat penting. Artikel ini berusaha menguraikan peran kreativitas dalam pendidikan musik sebagai sebuah landasan berpikir dan operasionalisasinya dalam pendidikan musik. Literatur digunakan untuk mendalami masalah dan menyusun konsep mengenai kreativitas dalam pendidikan musik. Hasil analisis menyebutkan bahwa konsep kreativitas merupakan gagasan yang berpusat pada orisinalitas, berpikir imajinatif, dan berusaha menghasilkan ide atau gagasan baru. Kapasitas kreatif adalah sebuah modal utama dalam mewujudkan tujuan pendidikan musik melalui operasionalisasi konsep-konsep berpikir yang telah disebutkan. Kreativitas dalam pendidikan musik memiliki banyak dimensi seperti historis, sosiologi, ekonomi, politik, psikologi, filosofis, dan religius. Dialektika antar dimensi itu membentuk sebuah ekosistem baru dalam paradigma berpikir pendidikan musik. Kemandirian dan kemerdekaan dalam berpikir merupakan ruh dalam mengembangkan pola berpikir kritis dan kreatif. Orientasi pendidikan musik dapat dikembangkan dalam konteks nilai-nilai yang diinternalisasikan dalam berbagai aspek. Pendidikan musik juga berfungsi sebagai transmisi pengetahuan musik dan menjadikan seseorang terdidik secara musikal. Melalui pengetahuan musik ekosistem musik akan terbentuk sehingga mampu menumbuhkembangkan musik sebagai representasi dari kebudayaan.

References

Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2009). Multicultural education: Issues and perspectives (7th ed.). United States of America: John Wiley & Sons.

Costa, R. D., Souza, G. F., Valentim, R. A. M., & Castro, T. B. (2020). The theory of learning styles applied to distance learning. Cognitive Systems Research, 64, 134–145. Retrieved from https://doi.org/10.1016/j.cogsys.2020.08.004

Creech, A., Larouche, K., Generale, M., & Fortier, D. (2020). Creativity, music, and quality of later life: A systematic review. Psychology of Music, 0305735620948114. Retrieved from https://doi.org/10.1177/0305735620948114

Gardner, H. (1999). Intelligence reframed: multiple intelligences for the 21st century. New York, NY: Basic Books.

Hidayatullah, R. (2020). Kreativitas dalam pendidikan musik. Musikolastika: Jurnal Pertunjukan Dan Pendidikan Musik, 2(1), 1–7. Retrieved from https://doi.org/doi: 10.24036/musikolastika.v2i1.32

Khan, H. I. (2002). Dimensi mistik musik dan bunyi (The mysticism of sound and music). Yogyakarta: Pustaka Sufi.

King, A., Prior, H., & Waddington-Jones, C. (2019). Exploring teachers’ and pupils’ behaviour in online and face-to-face instrumental lessons. Music Education Research, 21(2), 197–209. Retrieved from https://doi.org/10.1080/14613808.2019.1585791

Madeja, S. S. (1967). The effects of divergent and convergent emphasis in art instruction on students of high and low ability. Studies in Art Education, 8(2), 10–20. Retrieved from https://doi.org/10.2307/1320033

Maslow, A. H. (1954). Motivation and personality. United States of America: Harper & Row,Publishers , Inc.

Read, H. (1943). Education through art. United States of America: Faber and Faber.

Ritter, S. M., & Ferguson, S. (2017). Happy creativity: Listening to happy music facilitates divergent thinking. PLOS ONE, 12(9), e0182210. Retrieved from https://doi.org/10.1371/journal.pone.0182210

Rohidi, T. R. (2014). Pendidikan seni: Isu dan paradigma. Semarang: Cipta Prima Nusantara Semarang.

Sambira, Z., & Kristanto, A. (2020). Paradigma pendidikan seni berbasis karakter dalam musik ma’badong. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 3(1), 15–26. Retrieved from https://doi.org/10.37368/tonika.v3i1.128

Tan, A.-G., Tsubonou, Y., Oie, M., & Mito, H. (2018). Creativity and music education: A state of art reflection. In Y. Tsubonou, A.-G. Tan, & M. Oie (Eds.), Creativity in music education (pp. 3–16). New York, NY: Springer Berlin Heidelberg.

Triyanto. (2014). Pendidikan seni berbasis budaya. Jurnal Imajinasi, 7(1), 33–42.

Published
2020-12-08
How to Cite
Hidayatullah, R. (2020). KREATIVITAS SEBAGAI LANDASAN DAN OPERASIONALISASI DALAM PENDIDIKAN MUSIK. Tonika: Jurnal Penelitian Dan Pengkajian Seni, 3(2), 88-102. https://doi.org/10.37368/tonika.v3i2.169
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.