Pelatihan Pembuatan Video Profil Usaha Kecil Menengah di Pekon Wonodadi Induk, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu
Keywords:
video profile, video company profile, pekon WonodadiAbstract
Pekon Wonodadi berada pada kecamatan Gadingrejo kabupaten Pringsewu Provinsi Lampung. Pekon memiliki Luas 5,12 km² dengan jumlah penduduk 3520 jiwa yang terdiri dari 704 kepala keluarga. Potensi Sumberdaya Alam adalah pertanian dengan produk unggulan beras/padi. BUMDES pekon wonodadi juga bergerak dalam bidang jasa simpan pinjam, bidang perdagangan dan bidang penyewaan. Jika Merujuk Undang-Undang nomor 6 tahun 2014 tentang Desa maka menjadi peluang yang sangat besar bagi setiap desa yang ada di Indonesia khususnya Pekon Wonodadi untuk bisa mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya secara mandiri sesuai kebutuhan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Namun ada kendala utama yang dihadapi pekon wonodadi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya. Kendala tersebut adalah konsep pemasaran produk barang dan jasa masih dilakukan secara konvensional. Teknik pemasaran ini dirasa kurang efektif sehingga diperlukan teknik pemasaran lain yang lebih kreatif dan menarik yaitu menggunakan video profile. Pelatihan pembuatan video profile untuk usaha kecil dan menengah diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat pekon Wonodadi. video profile di upload pada website resmi pekon Wonodadi.
References
Chapman, N., & Chapman, J. (2000). Digital Multimedia. New Jersey: Wiley.
Effendy, H. (2009). Mari Membuat Film: Panduan Menjadi Producer. Jakarta: Erlangga.
Haryanto, T., & Nugroho, S. (2015). Perancangan Video Company Profile Sebagai Media Promosi Perusahaan Pada Pt. Propan Raya Icc Semarang Tri. Jurnal Ilmiah, 8(1), 46-52.
Herdiana, D. (2019). Pengembangan Konsep Smart Village bagi Desa-Desa di Indonesia. Iptek-Kom, 21(1), 1-16. doi:10.33164/iptekkom.21.1.2019.hal.
Jarwati, S., & Nugroho, G. K. (2014). Pembuatan Video Profil Akademi Kebidanan Mitra Husada Karanganyar Berbasis Multimedia. Jurnal IJSS, 6(4), 12-20. doi:http://dx.doi.org/10.3112/speed.v6i4.1062
Lampungsae. (2017). Inilah 10 Media Sosial Paling Efektif untuk Promosi Bisnis dan Produk. Retrieved from Lampungsae: www.lampungsae.com
Permana, A. A., Kertiasih, N. K., & Budhayasa, I. P. (2017). Video Profil Sebagai Sarana Promosi Efektif Dalam Menunjang Eksistensi Program Studi Manajemen Informatika. Jurnal Sains dan Teknologi, 6(2), 238-247. doi: http://dx.doi.org/10.23887/jst-undiksha.v6i2.10705
Rimayanti, N., Yulianti, A., Nasution, B., & Lubis, E. E. (2019). Pembuatan Video Profil Lembaga Penelitian dan Pengabdian Universitas Riau sebagai Media Promosi Berbasis Multimedia. IT Journal Research and Development (ITRJD), 3(2), 84-95. doi:10.25299/itjrd.2019.vol3(2).2499
Sunaryo, S. (2004). Pengembangan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Fisika Listrik. Jurnal Edukasi Elektro.
Tucker, R. N., & Barker, J. (1990). The Interactive Learning Revolution: Multimedia in Education and Training. Pennsylvania: Kogan Page.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 Admi Syarif, Yunda Heningtyas, Aristoteles, Dewi Asiah Shofiana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.