Unila Lakukan Gerakan Perlindungan Anak

Siti Khoiriah : Anak Gembira Bangsa Sejahtera

JARRAKPOSLAMPUNG – Sejumlah akademisi Universitas Lampung (Unila) menggelar Gerakan Perlindungan Anak yang merupakan rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Pekon Mataram, Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, Selasa (25/08/2020).

“Pengabdian kepada masyarakat ini merupakan bentuk komitmen Universitas Lampung dalam peningkatan kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) kepada Satgas Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dan merupakan gerakan perlindungan sekaligus menekan angka kekerasan terhadap anak dan perempuan di Indonesia,” kata Ketua Tim PKM, Rahayu Sulistiowati, S.Sos., M,Si melaui rilisnya, Selasa siang.

Di tempat yang sama, anggota Tim PKM, Siti Khoriah mengatakan, kegiatan yang bertajuk ‘Anak Gembira Bangsa Sejahtera’ tersebut merupakan puncak dari kegiatan PKM yang dilalukan pihaknya. Adapun materi yang disampaikan, kata dia, adalah materi psikologi anak dan pendampingan penyintas anak yang disampaikan oleh Ibu Shinta Mayasari, S.Psi., M.Psi, Psi., dan materi kedua, disampaikan oleh dirinya sendiri, yakni pembekalan skil advokasi hukum dan pendampingan dalam upaya perlindungan anak.

“Kegiatan ini merupakan upaya peningkatan kapasitas Pendampingan Satuan Tugas Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) Pekon Mataram terkait psikologis anak korban kekerasan, agar dalam menjalankan tugas fungsinya dapat memahami psikologi anak dalam penanganan kasus kekerasan anak. Tak hanya kerangka teoritis yang diberikan oleh Ibu Shinta, namun juga praktek langsung Bantuan Psikologis Awal (BPA),” tuturnya.

Tim PKM Universitas Lampung berpose bersama Wakil Bupati Peringsewu, Fauzi SE serta aparatur daerah lainnya.

Kegiatan tersebut, lanjutnya, dibuka oleh Wakil Bupati Kabupaten Pringsewu, Fauzi SE selaku Ketua Lembaga Perlindungan Anak Kabupaten Pringsewu, yang juga dihadiri oleh Staff Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM, Kepala Dinas P3AP2KB Pringsewu, Tim Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Lampung, Camat Gadingrejo, Kepala Pekon Mataram, Satgas PATBM, Koramil Gading Rejo, serta masyarakat Pekon Mataram.

“Kegiatan pengabdian ini adalah implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi dengan diketuai oleh Rahayu Sulistiowati, S.Sos., M,Si dan anggota tim Rudy, S.H., LL.M., LL.D., Ita Prihantika, S.Sos., MA dan Siti Khoiriah, SH., MH,” ujarnya.

Lebih lanjut, Siti Khoriah menjelaskan, kegiatan tersebut merupakan diseminasi hasil penelitian tim pelaksana selama dua tahun terakhir yang secara khusus mengambil lokus Kabupaten Pringsewu dan fokus pada penyelenggaraan Kabupaten Layak Anak di Kabupaten Pringsewu.

“Dari hasil kegiatan ini, terlihat adanya peningkatan pemahaman anggota Satgas PATBM terkait sisi psikologis anak dan advokasi hukum pada anak korban kekerasan,” jelas dia.

Diakhir kegiatan, Ketua Pelaksanan Rahayu Sulistiowati, S.Sos., M.Si., berharap sinergi antara Universitas Lampung dan Kabupaten Pringsewu dalam upaya perlindungan anak dapat terus berlanjut di masa yang akan datang. (lis)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *