Pengayaan dan Pendampingan Materi Pelajaran Matematika dan Statistika pada Bidang Kesehatan bagi Guru SMKN 2 Tanjung Raya Kabupaten Mesuji Propinsi Lampung

Authors

  • Netti Herawati Jurusan Matematika FMIPA Universitas Lampung, Indonesia
  • Dorrah Azis Jurusan Matematika FMIPA Universitas Lampung, Indonesia
  • Agus Sutrisno Jurusan Matematika FMIPA Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.79

Keywords:

enrichment, mesuji, mathematics, statistics

Abstract

Pengayaan dan pendampingan materi Pelajaran Matematika dan Statistika Bidang Kesehatan bagi Guru SMKN 2 Tanjung Raya Kabupaten Mesuji Propinsi Lampung merupakan salah satu upaya meningkatkan pemahaman dan pentingnya Matematika dan Statistika bagi ilmu kesehatan. Pengayaan ini bertujuan untuk membekali guru sebagai penambah wawasan terkait materi Matematika dan Statistika bagi ilmu kesehatan. Pengayaan ini dilakukan dengan metode ceramah bervariasi dan latihan/praktik. Metode ceramah dilakukan untuk menjelaskan materi yang berkaitan dengan kesehatan. Metode latihan/praktik diperlukan untuk memberikan pengayaan materi Matematika dan Statistika bagi ilmu kesehatan sehingga guru menjadi lebih luas pemahaman dan pengaplikasian ilmunya. Kegiatan pengayaan ini secara keseluruhan dapat dikatakan baik. Ketercapaian target peserta, tujuan pengayaan, target materi yang direncanakan, dan kemampuan peserta dalam penguasaan materi. Faktor pendukung terlaksananya kegiatan ini adalah ketersediaan tenaga ahli di FMIPA Universitas Lampung dan antusiasme peserta

Downloads

Download data is not yet available.

References

Comte, A. (1851). The philosophy of mathematics. Harper.

Eves, H. W. (1997). Foundations and fundamental concepts of mathematics. Courier Corporation.

Franklin, J. (2009). Aristotelian Realism in Philosophy of Mathematics. UK: Elsevier, ed. AD. Irvine.

Ruseffendi, E. T. (1993). Pendidikan Matematika 3 Modul 1-5. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sawyer, R. K. (2008). Optimising learning implications of learning sciences research. Innovating to Learn, Learning to Innovate, 45, 35–98.

Soedjadi, R. (2000). Kiat pendidikan matematika di Indonesia: konstatasi keadaan masa kini menuju harapan masa depan. Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional.

Published

2020-09-14

How to Cite

Herawati, N., Azis, D., & Sutrisno, A. (2020). Pengayaan dan Pendampingan Materi Pelajaran Matematika dan Statistika pada Bidang Kesehatan bagi Guru SMKN 2 Tanjung Raya Kabupaten Mesuji Propinsi Lampung. Jurnal Abdidas, 1(5), 358-362. https://doi.org/10.31004/abdidas.v1i5.79

Issue

Section

Articles