Video Tour Guide Berbasis Virtual Reality Sebagai Media Informasi Fakultas MIPA Universitas Lampung

Yunda Heningtyas, Bambang Hermanto, Muhammad Iqbal

Abstract


Fakultas MIPA merupakan salah satu fakultas di Universitas Lampung yang menjadi pusat perkembangan ilmu pengetahuan dasar. Namun, minat masyarakat terhadap jurusan-jurusan di Fakultas MIPA semakin berkurang setiap tahunnya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu media yang dapat memperkenalkan Fakultas MIPA dan memberikan informasi setiap jurusan kepada calon mahasiswa dan masyarakat pada umumnya. Virtual tour guide merupakan aplikasi yang menggabungkan teknologi virtual tour dengan teknologi virtual reality. Aplikasi ini menampilkan informasi berupa keunggulan yang dimiliki oleh Fakultas MIPA. Pengguna dapat berinteraksi langsung dengan lingkungan serta gedung yang ada di Fakultas MIPA walaupun dalam bentuk 3 dimensi. Selain itu, pengguna juga diberikan akses penuh untuk mengatur informasi yang ingin ditampilkan. Aplikasi yang dibangun menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) ini dapat dioperasikan di smarphone android. Berdasarkan hasil pengujian, aplikasi ini membantu masyarakat untuk lebih mengenal lebih detail tentang jurusan di Fakultas MIPA. Namun, aplikasi ini hanya dapat berjalan dengan baik pada smartphone dengan spesifikasi hardware yang tinggi.


Keywords


Virtual Tour; Virtual Reality; Virtual Reality FMIPA UNILA; Video Tour Guide; FMIPA UNILA

Full Text:

PDF

References


Ardhianto, E., Hadikurniawati, W., & Winarno, E. (2012, Juli). Augmented Reality Objek 3 Dimensi dengan Perangkat Artoolkit dan Blender. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, 107-117.

Binanto, I. (2010). Multimedia Dasar-Dasar Teori dan Pengembangannya. Yogyakarta: Andi.

Fendra. (2012). Aplikasi Virtual Museum Berbasis 3D. Fakultas Ilmu Komputer Universitas Mercu Buana. Program Sarjana : Skripsi Diterbitkan.

FMIPA. (2019). Sejarah - Faculty of mathematics and Natural Sciences University of Lampung. Retrieved Maret 9, 2019, from Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Unila: http://fmipa.unila.ac.id/profil/sejarah/

Hooijdonk, C. v., Bosma, W., Krahmer, E., Maes, A., & Theune, M. (2011). Retrieved Maret 9, 2019, from https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=1: Andi. &ved=2ahUKEwiAnr3itPbgAhVUjuYKHVvDBy8QFjAAegQIBBAC&ur l=https%3A%2F%2Fwwwhome.ewi.utwente.nl%2F~theune%2FPUBS%2 FIMIX-book-Hooijdonk- etal.pdf&usg=AOvVaw1yFiWgyWbo9CsDL6vapwkV

Parindera, A. (2014). Mengenali Teknologi Virtual Reality Dan Perkembangannya. Retrieved from Ilmu Teknologi Informasi: http://ilmuti.org/wp- content/uploads/2017/02/Allan-Mengenali-Teknologi-Virtual-Reality- Dan-Perkembangannya.pdf.

Wulansari, O. D., & Heningtyas, Y. (2010). IMPLEMENTASI TEKNOLOGI AUGMENTED REALITY PADA GEDUNG-GEDUNG DI FAKULTAS MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNIVERSITAS LAMPUNG, BANDAR LAMPUNG, INDONESIA. Jurnal Sains MIPA,16(3), 163-170.

Wulur, H. W., Sentinuwo, S., & Sugiarso, B. (2015). Aplikasi Virtual Tour Tempat Wisata Alam di Sulawesi Utara. Teknik Informatika,6.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960%2Fkomputasi.v7i2.2369

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.