KINERJA SISTEM IRIGASI TINGKAT TERSIER UPTD TRIMURJO DAERAH IRIGASI PUNGGUR UTARA

Haposan Maditua Simorangkir, Ridwan Ridwan, M Zen Kadir, Mohamad Amin

Abstract


Daerah Irgasi Punggur Utara UPTD Trimurjo merupakan salah satu daerah irigasi yang mengairi sawah fungsional seluas 4.846 ha dari luas baku 6.196 ha.  Seiring dengan perkembangan waktu, kondisi perubahan alam sekitar, dan kondisi sosial budaya ekonomi masyarakat sekitar maka suplai dan kebutuhan akan air irigasi untuk mengairi areal sawah yang berada di Daerah Irigasi Punggur Utara UPTD Trimurjo mengalami perubahan.  Perubahan kondisi jaringan irigasi dan bangunan pelengkapnya berdampak langsung pada debit air yang dikeluarkan melalui jaringan irigasi tingkat tersier.  Berlatar belakang dari permaslahan tersebut maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui kerapatan saluran dan bangunan jaringan irigasi, kerumitan jaringan irigasi, efisiensi penyaluran air, dan kinerja sistem irigasi tingkat tersier UPTD Trimurjo dari aspek yang dinilai.  Penelitian dilakukan dengan metode pengumpulan data sekunder dan  data primer.  Pengambilan sampel penelitian menggunakan metode stratified purpossive random sampling.  Sampel yang diperoleh menggunakan metode stratified purpossive random sampling adalah sebanyak 14 sampel dari 85 petak tersier di UPTD Trimurjo.  Dari hasil penelitian diperoleh nilai kerapatan saluran rata-rata sebesar (KS) 70,59 m/ha, kerapatan bangunan rata-rata sebesar (KB) 0,18 Unit/ha, nilai kerumitan jaringan irigasi pada variabel (β) 2,15 ruas/bak bagi dan variabel (θ) rata-rata 810,53 m/bak bagi, dan efisiensi penyaluran air rata-rata sebesar 80,09%.  Hasil perhitungan kinerja sistem irigasi tingkat tersier melalui penilaian setiap aspek baik fisik maupun nonfisik mencapai 84,56 %.  Hasil penilaian yang dilakukan pada penelitian ini menunjukan bahwa kinerja sistem irigasi pada tingkat tersier di UPTD Trimurjo Daerah Irigasi Punggur Utara sudah sangat baik.

 

Kata kunci:  Kinerja sistem irigasi, Sistem irigasi, Irigasi tingkat tersier,

           Trimurjo, Daerah irigasi punggur utara


Full Text:

PDF

References


Direktorat Jenderal Pengairan, 1986. Standar Perencanaan Irigasi Kriteria Perencanaan Bagian Jaringan Irigasi (KP.- 01). Departemen Pekerjaan Umum. CV. Galang Persada. Bandung.

Harjito. 2014. Metode Tracer Test Untuk Mencari Hubungan Antar Sistem Sungai Bawah Tanah di Akuifer Karst. Jurnal Sains dan Teknologi Lingkungan, vol 6, no (1) : hlm 1-13

Mawardi, Erman. 2010. Desain Hidraulik Bangunan Irigasi. Penerbit Alfabeta. Bandung : 127 hlm.

Pusposutardjo. 1990. Monitoring dan Evaluasi Proyek. BIPOWERED. Yogyakarta.

Suroso, Nugroho, P.S., dan Pamuji, P. 2007. Evaluasi Kinerja Jaringan Irigasi Banjaran Untuk Meningkatan Efektifitas dan Efisiensi Pengelolaan Air Irigasi. Jurnal Dinamika Teknik Sipil, vol 7, no (1) : hlm 55-62.




DOI: http://dx.doi.org/10.23960/jtep-l.v8i1.49-56

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Copyright (c) 2019 Haposan Maditua Simorangkir, Ridwan Ridwan, M Zen Kadir, Mohamad Amin

Web
Analytics JTEP Stats

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.